Selasa, Februari 19, 2008

Membangun Sebuah Sinergi...

Subhanallah...

Hari ini dapet kuliah pengling lagi...asik banget, jam 10 udah bubar kelas...hehe...
tiap ikut kuliah ini saya sering mendapat pesan-pesan tersirat dari bapak dosen...

Hari ini beliau menjelaskan tentang ekosistem dan fenomena interaksi di alam...
secara tersirat -tapi sebenarnya sih tersurat- beliau juga menjelaskan akan pentingnya pemahaman interaksi antar elemen di alam ini guna mencapai keseimbangan...

"Kelahiran seorang manusia pun merupakan hasil sebuah interaksi", kurang lebih begitu beliau menerangkan kepada kami...

Dosen pengling ini juga menuturkan bahwa jika ada spesies yang sama, maka mereka akan saling menjatuhkan. Mereka melihat 'orang lain' sebagai musuh yang harus dilawan.

Layaknya makhluk hidup lain, manusia juga merupakan spesies-spesies. Namun perlu dipahami bahwa setiap 'spesies' manusia itu memiliki keunikan dan potensi masing-masing. Hal ini sangat penting untuk dipahami dan diinternaslisasi dalam diri setiap manusia. Kenapa?karena kalo kita memahami hakikat itu, maka kita akan melihat orang lain sebagai pendukung, bukan sebagai penghambat.

Dari penjelasan tersebut, beliau menyimpulkan bahwa dalam hidup ini, yang namanya interaksi dan sinergi harus dibangun dengan baik. Begitu juga interaksi antar manusia. Jika kita menyadari bahwa perbedaan yang ada tidak selamanya harus dijadikan batu penghalang, namun kita anggap sebagai suatu 'kelebihan', maka pandangan kita akan keberadaan orang lain akan menjadi positif dan kita pun akan menanggapinya dengan hal-hal yang positif.

Kekuatan sinergi adalah kekuatan yang sangat besar. Kekuatan ini dapat menghasilkan kedamaian, kesuksesan bersama, dll.


Ayo kita bangun sinergi..."for better tomorrow..."

Tidak ada komentar: